PEMBENTUKAN IDENTITAS KAWASAN PENDIDIKAN DI JALAN RUNGKUT MADYA SURABAYA MELALUI KONSEP MERUANG MAHASISWA
Keywords:
behavior setting, konsep ruang, mahasiswa, pola aktivitas, serial visionAbstract
Area kawasan kampus merupakan bagian dari kawasan urban yang memiliki penggunaan beragam. Namun,UPN "Veteran" Jawa Timur yang hadir setelah ruang kotanya ada menjadi menarik untuk ditelaah lebih lanjut karena memiliki fungsi yang berbeda dengan lingkungannya. Pada area lain di perkotaan, mahasiswa jarang dijumpai dalam bentuk eksistensi yang terasa "kegiatan"nya, dan melakukan aktifitas akademik. Dengan mengambil perspektif sudut pandang mahasiswa, dimana sebagai aktor utama dalam penghadiran sebuah area pendidikan, maka penghadiran ruang akan memiliki sudut pandang yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Behavioural mapping analysis digunakan sebagai sarana observasi perilaku mahasiswa pada penggal jalan. Hasil mapping kemudian disinkronikkan dengan studi literatur dan variabel pola perilaku, dapat dinyatakan bahwa aktivitas penyangga perkuliahan dan akademik menjadi hal yang dominan pada area Jalan Rungkut Madya. Pola meruang ini menjadi sangat dominan dalam ranah non – fisik dan dapat diangkat menjadi karakter yang lebih terlihat secara fisik, yakni dengan cara penambahan elemen – elemen perkotaan yang mendukung karakter kawasan pendidikan.