KAJIAN TIPOLOGI PELETAKAN DAN DESAIN SIGNAGE SEBAGAI KEBUTUHAN KOTA PELAJAR DAN WISATA (STUDI KASUS: KECAMATAN GONDOKUSUMAN DAN JETIS KOTA YOGYAKARTA)

Authors

  • Elizabeth Novita Wijayanti

Keywords:

Urban, Signage, Desain, Peletakan

Abstract

Signage merupakan sebuah hal yang sangat dibutuhkan untuk media informasi dalam tingkat mikro dan makro. Keberadaan signage pada kota-kota di Indonesia masih tersebar secara sporadis dan tidak terkoneksi satu dengan yang lain. Tak hanya pada peletakan, pun dengan desain signage yang masih cenderung monoton dan kurang menggambarkan citra dari sebuah kota. Yogyakarta sebagai kota pelajar dan wisata menarik banyaknya pendatang baru di setiap tahunnya. Salah satu bentuk kebutuhan seorang pendatang ialah informasi yang akurat, terlebih mengenai kota. Tujuan penelitian ini adalah menemukan sebuah protoype yang terukur dan tepat guna dalam menjawab kebutuhan informasi bagi pengguna ruang kota serta dapat memaksimalkan fungsi signage dalam lingkup urban. Metode yang digunakan yakni metode deskriptif kualitatif dengan melakukan kajian studi pustaka dan ajuan konseptual. Penelitian ini memberikan gambaran model rancangan penggunaan signage dengan maksimal khususnya di Kota Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-11-14

How to Cite

Wijayanti , Elizabeth N. (2019). KAJIAN TIPOLOGI PELETAKAN DAN DESAIN SIGNAGE SEBAGAI KEBUTUHAN KOTA PELAJAR DAN WISATA (STUDI KASUS: KECAMATAN GONDOKUSUMAN DAN JETIS KOTA YOGYAKARTA) . SMART: Seminar on Architecture Research and Technology, 4(1), 215–225. Retrieved from https://smartfad.ukdw.ac.id/index.php/smart/article/view/111