FAKTOR PEMBENTUK TIPOLOGI RUANG TERBUKA LINEAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP AKTIVITAS WARGA (STUDI KASUS: JL.KADIPATEN LOR, YOGYAKARTA)

Authors

  • Istiana Adianti
  • Rika Dayu Prastiwi

Keywords:

Ruang luar, Linear, Baluwarti

Abstract

Pemukiman didalam benteng Kraton Yogyakarta mulai muncul saat diperbolehkannya warga bermukim di ruang-ruang kosonng didalam tembok Kraton, akibat bencana gempa dan perang. Salah satunya adalah pemukiman deret di sepanjang sisi dalam bekas tembok benteng Kraton (Baluwarti). Terbatasnya lahan pada pemukiman ini menjadikan ruang jalan yang merupakan ruang terbuka linear, sebagi ruang bersosialisasi dan beraktifitas bersama. Bagaimana warga memanfatkan jalan yang seharusnya digunakan unruk pergerakan (publik) tetapi digunakan sebagai ruang privat. Karakter atau tipologi ruang terbuka linear dan pengaruhnya dengan pemakaian ruang luar dapat diketahui dengan metoda penelitian secara kualitatif. Setting fisik ruang terbuka linear mempengaruhi aktifitas warga, selain itu waktu juga berperan dalam mengidentifikasi batasan ruang terbuka tersebut.

Downloads

Published

2019-11-14

How to Cite

Adianti , Istiana, & Dayu Prastiwi , Rika. (2019). FAKTOR PEMBENTUK TIPOLOGI RUANG TERBUKA LINEAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP AKTIVITAS WARGA (STUDI KASUS: JL.KADIPATEN LOR, YOGYAKARTA) . SMART: Seminar on Architecture Research and Technology, 4(1), 351–359. Retrieved from https://smartfad.ukdw.ac.id/index.php/smart/article/view/122