DESAIN ALAT BANTU CUCI PAKAIAN UNTUK MENCEGAH LOW BACK PAIN DENGAN PENDEKATAN DESAIN INKLUSIF

  • Firdaruma Rejina Almanis
  • Christmastuti Nur
  • Winta Adhitia Guspara
Keywords: desain inklusif, lansia, Low Back Pain, produk inklusif, Rapid Etnografi

Abstract

Aktivitas kerja yang menuntut tubuh manusia untuk membungkuk hingga kurang dari 80o akan mengakibatkan Muskuloskelteal Disorders(MSDs) terutama yang disebut sebagai Low Back Pain (LBP). Kondisi ini jika diteruskan akan dapat memburuk pada usia lanjut, terlebih dengan terjadinya kekakuan sendi serta otot. Salah satu aktivitas kerja yang dimaksud adalah mencuci pakaian secara manual (menggunakan tangan, ember, sikat, dan papan penggilas). Oleh sebab itu, penelitian ini penting dilakukan untuk mengurangi risiko Low Back Pain (LBP) pada pengguna ketika mencuci pakaian. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan rancangan sebuah produk penopang ember cuci pakaian dengan pendekatan desain inklusif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ergonomic dengan Analisis Kinovea. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, Nordic Body Map Questionare (NBM) dan Rapid Upper Limb Assesment (RULA) pada lansia di Panti Wreda Perandan Padudan GKJ Gondokusuman, Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah produk inklusif berupa alat bantu yang mampu menopang ember cuci pakaian agar dapat mengurangi sudut tajam dari posisi membungkuk. Fungsi lain dari produk ini adalah adanya sistem dorong dan sistem tarik agar dapat membawa cucian ke area menjemur. Selain itu, sarana ini dilengkapi bagian untuk mmeniriskan dan menjemur cucian setelah dikucek dan diperas. Kesimpulan yang diperoleh dari uji coba produk adalah keseluruhan tinggi produk 80 cm mengurangi pembentukan sudut tajam (kurang dari 80oC) posisi tubuh pengguna saat mencuci pakaian.

References

Astuti, R.D., & Suhardi, B.2007. Analisis Postur Kerja Manual Material Handling menggunakan Metode Ovako Work Postur Analysis System (OWAS). Gema Teknik : No 1.
Laraswati. 2009. Analisis Risiko Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Pekerja Laudry Tahun 2009 (Studi Kasus pada 12 Laundry Sektor Usaha Informal di Kecamatan Beji Kota Depok). Diunduh dari http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/126049-S-5687-Analisis%20resiko-Abstrak.pdf.
Merdekawati. 2010. Gambaran Umum Kondisi Lansia. Diunduh dari https://media.neliti.com/media/publications/220384-gambaran-umum-kondisi-lansia.pdf.
Mutiara. 2003. Karakteristik Penduduk Lanjut Usia Di Propinsi Sumatera Utara Tahun 1990. Diunduh dari http://library.usu.ac.id/download/fkm/fkm-erna%20mutiara.pdf.
Septya. 2017. Analisa Postur Kerja Terhadap Aktivitas Manual Material Handling Menggunakan Metode OWAS. Diunduh dari http://eprints.umm.ac.id/35994/3/jiptummpp-gdl-erryseptya-47962-3-babii.pdf.
Yulianti. 2016. Gambaran Sistem Sensori Pada Lansia. Diunduh dari http://repository.ump.ac.id/2103/6/TRI%20YULIANTI%20BAB%20II.pdf.
Published
2020-10-26
How to Cite
Rejina Almanis, F., Nur, C., & Adhitia Guspara, W. (2020). DESAIN ALAT BANTU CUCI PAKAIAN UNTUK MENCEGAH LOW BACK PAIN DENGAN PENDEKATAN DESAIN INKLUSIF. SMART: Seminar on Architecture Research and Technology, 4(2), 377-389. Retrieved from https://smartfad.ukdw.ac.id/index.php/smart/article/view/126