PEMANFAATAN RUANG OLEH MAHASISWA ARSITEKTUR TAHUN PERTAMA PEMBELAJARAN HYBRID MASA PANDEMI COVID-19

(KASUS : PRADITA UNIVERSITY)

Authors

  • Marchelia Guspita Sari Arsitektur, Universitas Pradita
  • Imaniar Sofia Asharhani Arsitektur, Universitas Pradita

Keywords:

Kelas Hybrid, Pandemi Covid-19, Ruang Kreatif

Abstract

Setelah pelaksanaan kelas daring atau online class yang marak sejak tahun 2020 silam, beberapa universitas kini telah mengadakan kelas hybrid, percampuran pembelajaran antara offline dan online secara sinkronus. Pembelajaran hybrid disebut-sebut sebagai solusi pada era new normal karena melibatkan pembelajaran tradisional tata muka dengan komunikasi sinkronus dengan komunikasi secara daring. Meskipun begitu, masa transisi pandemi COVID-19 ke era New Normal telah membawa perubahan pemanfataan ruang di kampus oleh mahasiswa karena adanya protokol kesehatan, seperti halnya physical distancing, pembatasan jam belajar, maupun kapasitas ruang. Kampus desain arsitektur sebagai wadah proses kreatif mahasiswa kini telah mulai digunakan mahasiswa di tengah pembatasan-pembatasan yang berlaku. Artikel ini berparadigma post-positivistik dengan pendekatan deskriptif kualitatif.  Dilakukan identifikasi ruang kreatif pada bangunan pendidikan sesuai dengan tipe ruang kreatif.  Teknik pengumpulan data berupa pemetaan pemanfaatan ruang oleh mahasiswa sesuai dengan proses kreatif pembelajaran studio melalui observasi langsung dan wawancara terstruktur. Hasil dari artikel ini adalah adanya pemanfaatan ruang dengan setting yang bervariasi untuk kebutuhan proses kreatif mahasiswa, ruang luar atau semi-outdoor maupun ruang outdoor, presentation space terjadi secara formal di dalam ruangan, tidak kuatnya keberadaan  maker space dalam studio seperti pada pembelajaran terdahulu pre-pandemi COVID-19.

References

Asharhani, Imaniar Sofia, Sari, Marchelia Gupita.(2022). Resilient House : Self Modification to Create Creative Space during Online Learning. IOP Conf. Ser.: Earth Environ. Sci. 1058 012033

Chau, Hing-Wah, Newton, C, Yang, S and Geng, Shiran (2020) Emerging Architectural Makerspaces: Analysis and Design Strategies. Nordic Journal of Architectural Research, 32 (2).

A Blended Learning Strategy: Reimagining the Post-Covid-19 Architectural Education.

Kurniati, F., Haristianti, V., & Sabatini, S. N. (2021). Adaptasi Pelaksanaan Mata Kuliah Studio Perancangan Arsitektur dan Desain Interior di Perguruan Tinggi Indonesia pada Masa Pandemi. SMART: Seminar on Architecture Research and Technology, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.21460/smart.v5i1.148

Komarzynska-Swieciak,E.; Adams, B.; Thomas, L. Transition from Physical Design Studio to Emergency Virtual Design Studio. Available Teaching and Learning Methods and Tools—A Case Study. Buildings 2021, 11, 312. https:// doi.org/10.3390/buildings11070312 Academic Editor: Hernan Casak

Shofihara, Inang Jalaludin. 2022. Blended Learning, Solusi Penyelenggaraan Pendidikan Pakai Teknologi. Kompas.com - 21/02/2022, 16:45 WIB. https://www.kompas.com/edu/read/2022/02/21/164500071/blended-learning-solusi-penyelenggaraan-pendidikan-pakai-teknologi?page=all.

Thoring, K., Desmet, P., & Badke-Schaub, P. (2019). Creative space: A systematic review of the literature. Proceedings of the International Conference on Engineering Design, ICED, August (2019), 299–308.

Tolstikova, I.I., et.a.2021. Blended learning generations Z: technology opportunities. International Journal of Open Information Technologies ISSN: 2307-8162 vol. 9, no. 12, 2021

Riyanda,et.al. (2022). Hybrid Learning: Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Basicedu, 6(3)

Policy Brief : Education during COVID-19 and Beyond , https://indonesia.un.org/id/node/93064

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Sari, M. G., & Asharhani, I. S. (2022). PEMANFAATAN RUANG OLEH MAHASISWA ARSITEKTUR TAHUN PERTAMA PEMBELAJARAN HYBRID MASA PANDEMI COVID-19 : (KASUS : PRADITA UNIVERSITY). SMART: Seminar on Architecture Research and Technology, 6(1), 167–180. Retrieved from https://smartfad.ukdw.ac.id/index.php/smart/article/view/201