REVITALISASI BANTARAN SUNGAI LASEM MELALUI PERANCANGAN LASEM RIVERWALK COMMERCIAL COMPLEX

Authors

  • Elloisa Juliana Venencia Simatupang
  • Sita Yuliastuti Amijaya

Keywords:

pariwisata, perekonomian, sampah, riverwalk, komersial

Abstract

Pariwisata adalah aktivitas yang dilakukan sebagai rekreasi, membawa kesenangan dan pergantian suasana bagi individu maupun kelompok yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Hal tersebut mampu memberikan dampak positif maupun negatif terhadap lingkungan tersebut. Dampak positif yang paling mendominasi adalah peningkatan perekonomian sedangkan dampak negatif yang paling sering ditemui dan kompleks adalah penumpukan sampah yang ditinggalkan wisatawan maupun masyarakat lokal sehingga berujung pada terancamnya keberlanjutan dari destinasi wisata itu sendiri bahkan sampai pada titik ketidakseimbangan ekosistem dan eksploitasi sumber daya alam yang ada sebelum destinasi wisata itu dibuat. Studi kasus yang digunakan disini adalah Lasem sebagai sebuah kecamatan di kabupaten Rembang yang sedang menggerakkan potensi-potensi wisatanya untuk mendukung perekonomian masyarakat lokal namun memiliki hambatan khususnya pada wisata airnya di Sungai Lasem yang tertutupi oleh sampah di sepanjang bantaran tersebut padahal bila melihat sejarahnya Sungai Lasem memiliki sejarah yang kuat terhadap perkembangan perekonomian masyarakat kala itu. Oleh karena itu dibutuhkan revitalisasi untuk memulihkan kondisi sungai salah satu caranya adalah pengadaan Riverwalk Commercial Complex.

References

Hasriyanti, N. (2016). Kajian ruang publik tepi air. Polnep e-Journals Vokasi 10, 22.

Kementerian Pariwisata. (2017). Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia nomor 1 tahun 2017 tentang petunjuk operasional pengelolaan dana alokasi khusus fisik bidang pariwisata. Jakarta: Kemenpar RI.

Purwantiasning, A. W. (2015). Kajian revitalisasi pada bantaran sungai sebagai upaya pelestarian bangunan tua bersejarah. Prosiding SNTT FGDT 2015.

Sutrisno, H. (2011). Riverwalk sebagai ruang terbuka alternatif di kawasan flamboyan bawah kota palangkaraya. Jurnal Perspektif Arsitektur, 2-3.

Tangkuman, D. J., Tondobala, L. (2011). Arsitektur tepi air. Media Matrasain, 42, 47.

Pemerintah Kabupaten Rembang. (2011). Peraturan Daerah Kabupaten Rembang nomor 14 tahun 2011 tentang rencana tata ruang wilayah kabupaten rembang tahun 2011 - 2031 . Rembang: Pemerintah Kabupaten Rembang.

Downloads

Published

2019-03-19

How to Cite

Juliana Venencia Simatupang, E., & Yuliastuti Amijaya, S. (2019). REVITALISASI BANTARAN SUNGAI LASEM MELALUI PERANCANGAN LASEM RIVERWALK COMMERCIAL COMPLEX. SMART: Seminar on Architecture Research and Technology, 2, 113–122. Retrieved from https://smartfad.ukdw.ac.id/index.php/smart/article/view/46