"APLIKASI KENYAMANAN TERMAL PADA BANGUNAN ARSITEKTUR BIOMIMIKRI UNTUK MENDUKUNG EFISIENSI ENERGI (Studi Kasus bangunan Watercube dan Eastgate Centre)"

Authors

  • Riri Chairiyah

Keywords:

Kenyamanan termal, Inspirasi Alam, Arsitektur Biomimikri, Efisiensi Energi

Abstract

"Kenyamanan Termal merupakan salah satu cara yang sering dilakukan oleh Arsitek untuk mengkondisikan kenyamanan di dalam bangunan. Kenyamanan termal yang sering digunakan di Indonesia adalah untuk menciptakan hunian yang dingin dan sejuk (passive cooling), sejatinya Kenyamanan termal tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk pendinginan tetapi untuk menciptakan suhu yang sesuai dengan aktifitas di dalam bangunan. Alam memiliki kemampuan menyesuaikan kondisi di lingkungan yang dia tempati secara efisien dan efektif. Sehingga alam sering digunakan sebagai solusi untuk memecahkan berbagai permasalahan manusia, salah satu solusi yang dapat ditawarkan alam adalah menyelesaikan permasalahan kenyamanan termal di dalam bangunan. Biomimikri menjadi salah satu alat yang digunakan arsitek untuk menerapkan Inspirasi alam terhadap bangunan. Tulisan ini membahas dua contoh kasus Arsitektur Biomimikri dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Kasus arsitektur Biomimikri yang digunakan adalah bangunan Watercube dan bangunan Eastgate Centre. Bangunan ini dipilih karena mewakili level/tingkatan Arsitektur Biomimikri yang berbeda yaitu level Biomimikri bentuk dan proses. Kesimpulan dari penelitian adalah peran Alam terhadap inspirasi solusi Kenyamanan termal Bangunan yang diaplikasikan pada bentuk desain bukaan, pemilihan material, pengaturan fungi bangunan dan sistem sirkulasi udara pada Arsitektur Biomimikri Level Bentuk dan Arsitektur Level Proses untuk mendukung efisiensi energi."

Downloads

Published

2019-03-01

How to Cite

Chairiyah, R. (2019). "APLIKASI KENYAMANAN TERMAL PADA BANGUNAN ARSITEKTUR BIOMIMIKRI UNTUK MENDUKUNG EFISIENSI ENERGI (Studi Kasus bangunan Watercube dan Eastgate Centre)". SMART: Seminar on Architecture Research and Technology, 2, 87–101. Retrieved from https://smartfad.ukdw.ac.id/index.php/smart/article/view/81