MENARA PANDANG KARANGTURI: Ruang Interaksi Sosial dan Pembelajaran Masyarakat

Authors

  • Syamsul Hilal Pratama
  • Wiyatiningsih

Keywords:

Karangturi, menara pandang, ruang publik, interaksi sosial, media pembelajaran

Abstract

"Tumbuhnya kelompok-kelompok masyarakat di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang berpengaruh terhadap rendahnya tingkat interaksi sosial warga. Pengelompokan ini berpengaruh pula terhadap pola aktivitas ekonomi warga setempat. Rendahnya tingkat interaksi sosial antar warga di Desa Karangturi didorong oleh kurangnya ruang terbuka publik yang dapat diakses oleh seluruh anggota masyarakat. Berdasarkan permasalahan tersebut, studi ini dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan dan potensi ruang terbuka publik sebagai sarana interaksi sosial dan kegiatan ekonomi dari warga setempat. Studi ini difokuskan pada ruang-ruang terbuka publik yang dapat dikembangkan sebagai pendukung kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat setempat terkait dengan kegiatan pariwisata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif. Data diperoleh melalui survei lapangan di Desa Karangturi dan wawancara dengan warga setempat secara random. Hasil penelitian menunjukan bahwa tipologi dan pola ruang hunian di Desa Karangturi berkontribusi terhadap kesenjangan sosial antar warga. Pengelompokan bangunan cagar budaya dan bukan cagar budaya juga berpotensi untuk menimbulkan kesenjangan sosial antar penghuni. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut, maka disusun konsep perancangan fasilitas publik yang berbentuk menara pandang sebagai sarana interaksi sosial antar warga. Menara pandang ini juga menjadi media pembelajaran bagi masyarakat, yaitu sebagai sarana untuk memahami karakteristik Desa Karangturi dan latar belakang sejarahnya."

Downloads

Published

2019-03-01

How to Cite

Pratama, S. H., & Wiyatiningsih. (2019). MENARA PANDANG KARANGTURI: Ruang Interaksi Sosial dan Pembelajaran Masyarakat. SMART: Seminar on Architecture Research and Technology, 2, 225–233. Retrieved from https://smartfad.ukdw.ac.id/index.php/smart/article/view/90