RUANG KOTA RUANG PEMBELAJARAN

Authors

  • Imelda I. Damanik

Keywords:

ruang pembelajaran, kolaborasi kreatif, konteks ruang kota dan teknologi

Abstract

Kota merupakan simbol peradaban manusia yang membangunnya. Artefak yang terdapat di sebuah kota akan
menunjukkan perjalan perkembangannya dari masa ke masa. Cerita yang disajikan tidak melulu mengenai ruang
kota yang dipahami secara sensori, tetapi di dalamnya juga terdapat ruang dengan nilai yang membangun
persepsi. Perkotaan juga sebagai ruang belajar karena menyediakan laboratorium yang menyajikan variasi ruang
bagi banyak kajian keilmuan melebur menjadi satu dan membentuk citra sebuah kota. Desain dimaknai sebagai
proses dan produk, sehingga kota akan memiliki karakter dan identitas. Generasi 4.0 membentuk kota yang lebur
dengan teknologi dan menghasilkan ruang-ruang kreatif. Ekspresi perkotaan, jenius-lokal, kota pintar, kota
tangguh dan masih ada beberapa teori lain yang mencoba menangkap ruang-ruang kota untuk dipahami sesuai
konteksnya. Tulisan ini akan mengajak kita untuk melihat beberapa contoh kasus bagaimana kota merupakan
hasil leburan berbagai keilmuan, agar para aktor yang memiliki tanggungjawab dalam mendesain kota dan
ruang-ruang di dalamnya bersama-sama menyadari bahwa memahami kota bukan karena memahami arsitektur
dan rancang kota, tetapi memahami peran. Dengan demikian, kota akan menjadi ruang bagi semua, oleh semua
dan dari semua.

References

--------, (2018) Annual Report, PULSE LAB, Jakarta.
Bacon, Edmund N. (1976). Design of Cities, Penguin Books.
Batty, Michael. (2016). Big Data and the Cities, Built Environment, 42 (3): 321-337.
Crooks, A.T., Croitoru, A., Jenkins, A., Mahabir, R., Agouris, P. and Stefanidis A. (2016). ?User-
Generated Big Data and Urban Morphology,? Built Environment, 42 (3): 396-414.
Giulianotti, Richard. (2015). The Beijing 2008 Olympics: Examining the Interrelations of China,
Globalization, and Soft Power, European Review 23(02):286-296
Greco, Kael. (2014). Seeing the City through Data/Seeing Data Through the City, Offenhuber & Ratti
(Eds), Birkhäuser, Basel: 125-142
Jenkins, A., Croitoru, A., Crooks. A.T., Stefanidis, A. (2016). Crowdsourcing A Collective Sense of
Place, PLoS ONE, 11(4). doi:10.1371/journal.pone.0152932
Kloeckl, Kristian. (2014). The City as a Digital Public Space – Notes for the Design of Live Urban
Data Platform, Offenhuber & Ratti (Eds), Birkhäuser, Basel: 82-96
Muller, Bernhard., Schiappacasse, Paulina. (2014). Advanced Manufacruring- Why the city matters.
Perspectives for international development cooperation, Müller, Bernhard & Herzog Otthein
(Ed), acatech MATERIALIEN
Smit, Jennifer. (2010). Beijing Transformed (again): An Exploration of the 2008 Olympic Building
Program-Eroding the ?figure‘ of a City or Opening Public Ground?, 14th IPHS Conference,
July 2010.
https://pulselabjakarta.org/ourwork#AnnualReports

Downloads

Published

2019-11-14

How to Cite

Damanik, I. I. (2019). RUANG KOTA RUANG PEMBELAJARAN. SMART: Seminar on Architecture Research and Technology, 4(1), 3–12. Retrieved from https://smartfad.ukdw.ac.id/index.php/smart/article/view/93