BISNIS ONLINE SEBAGAI MODEL EKONOMI KREATIF DALAM KERANGKA KONSEP SMART-ECONOMY. CONTOH KASUS: BISNIS ONLINE BAJU DI KOTA YOGYAKARTA
Keywords:
kota cerdas(smart-city), ekonomi cerdas, bisnis online, ritel, ekonomi kreatifAbstract
Kota Cerdas atau smart city merupakan salah satu konsep kota yang sedang berkembang dan menjadi tren dalam menangani masalah perkotaan di kota-kota besar Indonesia.Yogyakarta telah menjadi salah satu kota yang telah memulai penerapan konsep ini. Meskipun sampai saat ini penerapannya masih belum mencapai seluruh aspek kecerdasan yang menjadi kriteria dari konsep kota cerdas, yaitu terkait dengan masyarakat cerdas, lingkungan cerdas, tata kelola pemerintahan yang cerdas, ekonomi cerdas, kehidupan dan mobilitas yang cerdas. Dimensi ekonomi cerdas merupakan salah satu unsur yang menarik di kota ini. Ekonomi cerdas dijadikan sebagai salah satu alternatif ekonomi kreatif untuk meningkatkan sumberdaya dan penghasilan masyarakat. Salah satu bentuk usaha kreatif yang sedang marak dijalankan sebagai bisnis alternatif adalah Bisnis Online Baju melalui Facebook. Penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana bentuk usaha bisnis online menjadi sebuah bentuk baru ekonomi kreatif yang cerdas dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara terhadap beberapa kelompok usia remaja hingga dewasa dan bertujuan untuk mengidentifikasi dampak negatif dan positif dari usaha bisnis ini. Serta membandingkan dengan bentuk usaha offline (ritel) khusus toko baju diYogyakarta yang telah lebih dahulu menjadi bentuk usaha bisnis masyarakat dengan ruang yang nyata dalam bentuk bangunan sebagai alat/ruang display barang dagangan, sedang untuk online shop menggunakan ruang maya untuk memasang barang dagangannya.Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini bahwa kalangan remaja hingga dewasa dapat memanfaatkan media online untuk berbisnis. Dan diharapkan dapat bermanfaat bagi kita akan manfaat yang kita peroleh melalui media online.