KESIAPAN KOTA BANDUNG MENUJU KOTA KREATIF STUDI KASUS : KAMPUNG KREATIF DI BANDUNG

  • Zahra Nur Hasanah
  • Prihadi Nugroho
Keywords: transformasi, Bandung, kota desain, kota kreatif, ekonomi kreatif

Abstract

Kota Bandung sejak dulu telah populer dengan industri tekstil dan fesyen selama beberapa dekade. Pada tahun 2007, Kota Bandung dinyatakan sebagai pilot project pengembangan Kota Kreatif se-Asia Timur dan akhir tahun 2015 Bandung dinyatakan masuk sebagai Jaringan Kota Desain UNESCO. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan Kota Bandung menuju Kota Kreatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, ditemukan beberapa temuan studi, yaitu : (1) proses transformasi Kota Bandung menuju Kota Kreatif pertama kali dimulai oleh komunitas kreatif yang memiliki usaha di bidang industri kreatif dan bukan karena mengikuti desain dari pemerintah, (2) kebijakan dan peraturan yang dibuat oleh Kota Bandung belum mengarah langsung pada aktor pelaku industri kreatif, (3) ekonomi kreatif di Kota Bandung tidak saling bersinergi, (4) lingkungan kreatif di Kota Bandung diciptakan dengan memanfaatkan ruang yang ada (lapangan terbuka, jalan, atau bahkan gang-gang di perkampungan), dan (5) perkembangan kota kreatif di Bandung digerakkan oleh komunitas yang bukan berasal dari profesional.

Published
2019-03-19
How to Cite
Nur Hasanah, Z., & Nugroho, P. (2019). KESIAPAN KOTA BANDUNG MENUJU KOTA KREATIF STUDI KASUS : KAMPUNG KREATIF DI BANDUNG. SMART: Seminar on Architecture Research and Technology, 1(01), 199-209. Retrieved from https://smartfad.ukdw.ac.id/index.php/smart/article/view/71