Announcements

SMART#6 2022

2022-07-12

SMART (Seminar on Architecture Research and Technology) #6

Kegiatan ini merupakan diskusi ilmiah bersifat hybrid (daring dan luring). Call for paper diberikan hanya untuk undangan namun rekaman temu ilmiah akan diunggah secara daring. Seminar akan dilakukan selama 1 hari dengan pembagian room sesuai dengan pengelompokan topik tulisan.

Read more about SMART#6 2022

Current Issue

Vol. 6 No. 1 (2022): SMART #6 - Seminar on Architecture Research & Technology
					View Vol. 6 No. 1 (2022): SMART #6 - Seminar on Architecture Research & Technology

Masyarakat dunia telah mengalami guncangan karena wabah Covid-19 pada awal tahun 2020. Perubahan banyak terjadi di dalam setiap aspek kehidupan, tidak terkecuali aspek lingkungan binaan. Beberapa waktu ini lingkungan tempat tinggal manusia yang sempat mengalami perubahan dan penyesuaian karena pandemi Covid-19 telah berangsur membaik. Pemberitaan tentang pembatasan kegiatan masyarakat (lock down), fasilitas kesehatan dan tenaga medis yang kelebihan kapasitas, serta berbagai berita duka terkait virus tersebut telah mereda. Kegiatan bekerja dari rumah secara online (work from home) yang diterapkan berbagai kantor dan institusi, saat ini telah kembali menjadi bekerja secara offline di kantor. Berbagai adaptasi yang diberlakukan pada masa pandemi, mayoritas telah kembali seperti saat sebelum pandemi terjadi. Hal ini tentu berimbas pada lingkungan binaan sebagai wadah dari aktivitas sehari-hari dalam kehidupan kita. Adaptasi yang terjadi ini cukup menarik untuk dikaji, apakah sepenuhnya pandemi yang lalu sekedar “mampir” dalam peradaban manusia dan sekarang semua sudah kembali seperti sedia kala? Atau adakah aspek yang berubah secara permanen baik dari aspek fisik maupun non fisik dari lingkungan binaan di sekitar kita?
Kegiatan SMART#6 (Seminar on Architecture Research and Technology) dengan tajuk “Lingkungan Binaan Pasca Pandemi”: Adaptasi Lingkungan Binaan dan Elemen di Dalamnya untuk Membangun Kembali Kehidupan ini bertujuan untuk mengajak para akademisi dan peneliti untuk berdiskusi dan menuangkan pemikiran kritisnya melalui tulisan ilmiah dalam memaknai hal-hal di banyak aspek, baik itu arsitektur, desain, lingkungan binaan pada konteks adaptasi paska masa pandemi yang penuh dengan dinamika kemanusiaan, sosial, ekonomi dan budaya khususnya yang terjadi wilayah di Indonesia.

Published: 2022-07-27

Articles

View All Issues